Pages - Menu

Kamis, 25 Januari 2024

DON'T COVER YOURSELF

 Don't Cover Yourself 

(jangan menutupi dirimu sendiri)



     Banyak dari kita yang masih suka Insecure sama diri sendiri dan lebih memilih untuk menutup dirinya , dengan menyembunyikan jati diri kita sendiri . Maka dari itu kita perlu ketahui pentingnya dan sangat menguntungkannya diri kita jika kita mau berkembang dan percaya diri . Guru saya pernah berkata , bahwa  "setiap orang memiliki potensi untuk mendapatkan sesuatu hal dengan tingkat nilai tertinggi hanya saja mereka yang terlalu membatasi dirinya , sehingga membuat kemampuan dirinya hanya sebatas itu saja" . Dari apa yang telah dikatakan beliau , membuat pemikiran saya berkata 'yups/benar' , karna dalam diri saya pun sempat berada pada posisi seperti itu . Saya selalu berfikir saya tidak akan bisa atau saya tidak akan mampu seperti orang lain diluar sana . Wrong, THAT'S A BIG MISTAKE , we just need to throw away that thought . Salah , itu kesalahan besar , kita hanya perlu membuang pikiran itu . 

     Belajar lah untuk percaya diri . Percaya Diri dapat menghasilkan sebuah keunggulan dalam diri kita . Yang awal mulanya kita di posisi tidak berdaya dan lemah , dengan percaya diri kita menjadi kuat, terpandang dan lebih maju. Saat saya yang lemah mencoba cara perubahan tersebut , saya mendapatkan peningkatan potensi, kemampuan dan menemukan keunggulan pada diri saya , peningkatan itu sangat amat jauh dari sebelumnya . 

     Saat saya memasuki bangku SMP (sekolah menengah pertama) . Saya sangat minder berada di antara orang - orang yang berpotensi tinggi , banyak prestasi , dan anak - anak pintar . Minggu pertama saya bersekolah , disekolah sudah banyak berbagai kesempatan bagi siswa untuk menampilkan/menunjukkan potensi dirinya , bisa dibilang kesempatan untuk berkembang . Pada saat itu Sekolah ingin mengadakan acara Ulang Tahun sekolah yang ke - 70 , Sekolah mengadakan acara ulang tahun dengan tidak biasaa , bisa termasuk besar” an . Waktu itu sekolah membutuhkan anak - anak berprestasi yang dapat membantu mengisi acara tersebut , Tentunya tampilan yang akan di tunjukkan bukan hanya sekedar apa adanya , tetapi membutuhkan effort, pengorbanan waktu, dan latihan yang konsisten , disertai kerjasama antara tim untuk merangkai acara dengan baik . Sekolah memiliki target untuk pengikut dalam setiap bidang tampilannya , Fashion , Dance , Menyanyi , Band dan lainnya . Semua di perbolehkan mengikuti tampilan tersebut , mulai dari kelas 7 - 9 . Saat diumumkan tersebut , kakak sepupu saya yang bersekolah disini juga bersedia mengikuti kegiatan itu di bidang Fashion . Setelah itu Ia mengajak saya untuk bergabung pada Fashion karena bidang tersebut kekurangan 1 anggota . Setelah saya mendapat ajakkan itu , saya merasa senang karna memang dari awal saya memiliki keinginginan untuk mengikuti itu , hanya saja , saya memilih diam dan tidak bertindak , Karena apa? Ya saya minder dan insecure . Saya sempat menolak ajakkan itu karena saya takut , merasa tidak memiliki potensi dan tidak percaya diri . Kakak sepupu saya bilang ayo ikut aja , aku temenin , seru kok ikut fashion , kalau ga bisa nanti kan diajarin , waktunya juga masi lama , masi ada kesempatan buat belajar . Finally I said Yes . Disana saya terus berlatih , belajar berani , belajar Percaya bahwa Aku Bisa ! . 

   Usaha tidak menghianati hasil . latihan berakhir acara sudah dimulai , Saya sangat takut saat berada di belakang panggung , grogi , kaku dan Gakk pedee bangettt . Saya bilang pada guru fashion saya “Ko, saya takut gagal/jelek karna saya” , Guru saya mengatakan “Yang penting Percaya Diri” kalau kamu percaya diri pasti berhasil dan bagus . Waktu menunjukkan giliran kami , saya mendapat giliran masuk paling pertama . Awal masuk grogi , tapi saya tidak mau acara rusak karena saya , Saat di depan penonton saya harus percaya diri . Saya memaksakan percaya diri , Saya memaksakan berani .


     Setelah selesai . Banyak teman teman saya yang bangga dengan saya . Mereka bilang Keren feb , Baguss febb , Cakepp polll kamu tadii . Apa yang mereka katakan , saya jadikan dorongan pada diri saya agar menumbuhkan rasa ingin berkembang dan menjadi lebih baik . Guru fashion saya memberi ajakan kepada saya untuk mengikuti kegiatan atau ekstrakulikuler Fashion , saya ragu tapi saya juga mau . Banyak teman - teman serta saudara yang mendukung saya untuk mengikuti fashion , akhirnya saya mau mengikuti ekstra tersebut .


     Setiap hari Senin mengikuti ekstra Fashion di sekolah . Tidak lama kemudian mulai banyak event” Fashion di luar sekolah . Bahkan saya individu diajak oleh guru saya untuk ikut event , sempat mendapat penghasilan V / bayaran dan saya bisa kenal senior Fashion , juga sempat satu event dengan Miss Jawa Timur . 


     Betapa senangnya saya , karena ternyata saya tidak sepele seperti yang saya pikir sebelumnya . Ternyata saya Bisa! . Bukan karena uang yang didapatkan , tapi perjalanan dan semangat yang diri saya sendiri untuk lebih maju dan berkembang . 


Yang dulu saya hanya membiarkan hidup berjalan seperti air , ubalah pola pikir seperti itu sehingga kamu bisa terhindar dari keadaan yang membuat kamu jatuh ke titik terendah dalam hidupmu . 

Karena Benih yang baik tak memilih tanah .


Dari cerita diatas adalah pengalaman yang pernah saya alami . 

     Kembangkan lah terus kemampuan kalian . Cobalah hal -hal baru untuk menambah pengalaman dan kemampuan . 


 “Peluang baru , Prestasi baru” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar